UIN Bandung Lepas Mahasiswa ke Kampung Halaman Masing-masing


Tanggal: 19/06/2021, Di Baca 33 kali

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) melepas sebanyak 500 mahasiswa atau mahasantri Ma’had Al-Jami’ah ke kampung halamannya masing-masing. Pelepasan program pengabdian masyarakat ini digelar di Kampus UIN Bandung, Cibiru, Kamis, (26/12/2019).

Rencanannya program pengabdian masyarakat bertajuk “UIN Bandung Mengabdi untuk Keutuhan Tanah Air” dilaksanakan dari Januari sampai Februari 2020. Kegiatan ini sekaligus untuk mengisi musim liburan mahasiswa UIN Bandung.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, MSi menegaskan mahasiswa yang dilepas dari segi akademik IPKnya tinggi di atas 3.00. Mereka juga berakhlak karimah, berperilaku baik, sehingga menjadi pionir dalam kebaikan.

“Hal ini menjadi pembeda dengan mahasiswa lain. Semua itu menjadi modal pada saat terjun ke masyarakat yang diharapkan dapat menjadi teladan  bersama dalam memberikan contoh,” ujar rektor saat membuka acara pelepasan.

Dalam kesempatan tersebut, rektor berpesan kepada seluruh mahasantri yang melaksanakan pengabdian masyarakat untuk selalu menjaga akhlak karimah, perilaku terpuji, nama baik almamater. Ikut serta dalam menyebarluaskan Islam rahmatan lil ‘alamin dan berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Saya titip Islam yang diajarkannya itu harus Islam moderat, wasathiyah. Untuk urusan kebangsaan, bela negara, cinta tanah air sudah final, tidak ada perdebatan lagi karena para ulama pendahulu kita telah menegaskan cinta tanah air itu sebagian dari iman,” tegasnya.